Kamis, 25 Februari 2010

sudah biasa

seorang artis muda yang baru keluar dari penjara melahirkan bayi tanpa diketahui siapa bapaknya. tentu hanya si artis yang tahu. seperti biasa berita begitu udah biasa.
rabu 24 februari 2010 di sudut jakarta sesosok mayat (bangkai?) bayi perempuan ditemukan di tempat sampah oleh seorang pemulung berikut ari-arinya. pada hari yang sama di sudut jakarta yang lain sesosok mayat bayi laki-laki ditemukan sedang dicabik-cabik oleh seekor kucing jalanan. seperti biasa berita begitu sudah biasa.
di sana, di sebuah kecamatan di jawa timur untuk ke sekian kalinya karya anak bangsa tersiar. sepasang anak kemarin sore yang belum lama baligh sudah fasih bertingkah bak bintang film blue profesional dan dengan sadar merekamnya. di sana, di ujung pulau sulawesi, sumatra, kalimantan, dan nun di pelosok-pelosok sana yang konon belum ada listriknya, tidak mau kalah, mereka juga produktif bertingkah polah bak bintang film dewasa. tersebar dari hp ke hp. dari komputer ke komputer. dari warnet ke warnet.
makin lama makin biasa.
kalo kemarin, hari ini, besok, lusa, atau nanti, banyak ditemukan bayi-bayi yang dibuang tanpa nyawa ya sudah biasa.
lha wong kita para orang tua, para produser-produser acara tv, film, para anggota dewan yang katanya terhormat, para pejabat, para seniman sibuk ngurusin diri sendiri. sibuk memperkaya diri. sibuk menyenangkan diri sendiri.
sampai kapan.

Tidak ada komentar: